Berolahraga Di Bulan Puasa, Perlukah ?

pagi - pagi sudah membahas puasa, orang puasanya aja entah kapan pun. tapi tak apa lah itung2 ndisik i.
Orang berpuasa karena berbagai alasan. Seperti bagi umat Muslim, puasa di bulan Ramadan karena diwajibkan. Sementara di waktu lain, mungkin kita berpuasa untuk menurunkan berat badan atau membersihkan tubuh.
Ketika kita menahan luwe (lapar) dan ngelak (haus) selama berpuasa, tingkat energi dan kemampuan kita untuk mengerjakan beberapa tugas menjadi terbatas. Karena itu, banyak orang merasa malas untuk beraktivitas dan memilih tidur untuk menyimpan energi.
Bagi orang dewasa yang benar-benar sehat, berpuasa untuk periode waktu antara 24 jam hingga 72 jam mungkin tidak berefek terhadap kontraksi otot-otot, demikian dilansir dari livestrong.com. Sebuah penelitian di tahun 1987 menunjukkan bahwa bila orang dewasa yang sehat berpuasa selama 72 jam, mereka bisa terus melakukan olahraga berat dalam waktu yang singkat. Olahraga dalam tingkat menengah bisa dilakukan dalam durasi yang lebih lama. Akan tetapi, bila berpuasa yang dilakukan meliputi berpantang air, Anda mungkin ingin beristirahat untuk menghindari dehidrasi.
Sebenarnya tidak ada aturan yang pasti mengenai berapa banyak aktivitas yang boleh kita lakukan selama berpuasa. Ada yang menganjurkan untuk beristirahat selama berpuasa, tapi anjuran ini tidak didukung oleh penelitian ilmiah apapun. Berpuasa tidak menyebabkan sakit bila orang yang melakukannya benar-benar sehat, dan oleh karenanya mereka bisa tetap melanjutkan aktivitas normal mereka kecuali bila mereka merasa lelah atau sakit.
Saat kita berolahraga selama berpuasa, kita bisa menjaga gaya hidup sehat. Terutama untuk mereka yang sudah memiliki kebiasaan untuk berolahraga, tetap beraktivitas seperti biasa selama Ramadhan bisa menjadi cara yang baik untuk menjaga rutinitas. Untuk mereka yang bermasalah dengan berat badan, berolahraga selama berpuasa bisa membantu menurunkan berat badan lebih efektif. Minum air yang banyak saat sahur dan berbuka puasa dan memilih untuk berolahraga dengan intensitas yang rendah bisa menjaga kesehatan Anda sembari Anda berusaha menurunkan berat badan.
Tapi tentu saja hal ini tergantung pada kesehatan masing-masing individu. Untuk kita yang berpuasa akan beresiko mengalami dehidrasi, sekalipun tidak ada bukti yang kuat akan adanya penurunan energi. Karena itu, sebelum memutuskan untuk berolahraga, bila Anda memiliki masalah kesehatan berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam di Bensap - Personal Blog Inspiration For E-learning, silahkan berkomentar sesuai artikel dan apabila ada artikel yang tidak bekerja silahkan berikan komentar di menu berikan masukkan.
Maaf, memasukkan link ke dalam komentar akan DIHAPUS.

Ttd : Beni Saputra